Apa itu kesehatan?

Download Materi Kuliah Lengkap

Pada postingan kali ini menindak lanjuti postingan sebelumnya saya pemilik ataupun admin satu-satunya yang mengurus blog ini dengan nama panggilan Nasih yang kemudian saya menyebut blog ini sebagai blog unik (wkwk). Unik beneran bukan? Hehe
Nah wkwk pada postingan yang kedua kalinya di blogger atau dalam bahasa gaulnya scond post on blog akan menyajikan pertanyaan sekaligus pembahasan tentang kesehatan yang kerap kali dibicarakan dalam diskusi ataupun seminar-seminar, baik dilingkungan sekolah hingga sampe tingkat nasional maupun internasional. Dengan kata lain kita akan mengupas tuntas contoh-contoh perilaku yang baik maupun yang kurang baik dalam hal kesehatan.
Nah pertanyaannya adalah "Apa itu kesehatan?".
Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun kita sering melalaikannya atau terlalaikan olehnya :) .
Kesehatan sendiri berasal dari kata dasar sehat yang artinya terbebas dari segala macam penyakit. Kemudian kemasukan kata ke- dan -an jadilah sebuah kata yang gagah perkasa (kesehatan) . Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang asal muasal kata yang sudah banyak dibuku-buku majalah maupun surat kabar, namun saya lebih menekankan pada aplikasi-aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari tentang sehat atau tidaknya seseorang dilihat dari pola perilakunya. Dikatakan baik (sehat), jika perilakunya baik dan tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Sama halnya ketika kita membuang sampah pada tempatnya. Dan dikatakan tak sehat, ketika perilakunya menyimpang dari aturan-aturan yang ada. Sama halnya ketika kita membuang sampah sembarangan.
Ketika sehat bertolak ukur pada aturan-aturan yang ada (norma-norma sosial), maka muncullah hukum-hukum didalamnya. Sehingga hukum yang tinggi akan lebih di utamakan dari pada hukum yang lebih rendah, Serta norma-norma pun berlaku hanya pada tempatnya. Sebagai gambaran kecil tentang hukum, kebijakan  kakak kepada adiknya akan tidak berlaku ketika seorang ayah mengeluarkan kebijakan dengan tema yang sama namun berbeda kebijakannya.
Dalam hal norma,  keluarga satu dengan keluarga yang lain tentunya tak sama dalam hal cara mendidik anaknya.
Anda pasti bertanya-tanya kenapa judulnya kesehatan, kok pembahasannya masuk pada norma dan hukum ?
Kenapa demikian? Karena sehat itu ada dua macam yaitu sehat lahir (fisik) dan sehat batin (kejiwaan). Keduanya saling berkaitan erat, dan yang paling mempengaruhi kesehatan fisik adalah kesehatan jiwa. Dan kebanyakan orang sakit berawal dari sugesti dirinya sendiri dan kebanyakan orang sembuh dari penyakit juga dari sugestinya diri sendiri, dan sugesti adalah pikiran, pikiran berkaitan erat dengan kejiwaan. Kemudian ketika kita melakukan tindakan yang melanggar aturan ataupun norma. Bukankah kita akan terganggu jiwanya (pikiran)?  Tentunya akan terganggu. Nah seperti itulah asa muasalnya.
Demikianlah sedikit gambaran yang bisa saya sampaikan. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar . Terimakasih
Sampai jumpa dipost selanjutnya :)

Download Materi Kuliah Lengkap

0 komentar:

Post a Comment